Sunday, May 13, 2007

Gus Dur:Lukman Edy ukan Representasi PKB

Madura, gusdur.net......Sekjen DPP PKB Lukman Edy yang terpilih sebagai Menteri Negara Percepatan Daerah Tertinggal menggantikan Syaifullah Yusuf, bukanlah representasi PKB di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) .
“PKB sama sekali tidak diajak bicara soal reshuffle, termasuk nama-nama calon menteri yang diusulkan. Jadi, bila juru bicara Istana mengatakan Lukman Edy mewakili PKB, itu kebohongan besar.”
Demikian disampaikan Ketua Dewan Syura DPP PKB KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu saat memberi sambutan pada pembukaan Musyawarah ke-2 PKB cabang Sumenep di Pondok Pesantren al-Karimiyah, Desa Beraji, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa (8/5/2007).
Karenanya, Gus Dur mengingatkan, andaikan kinerja Lukman Edy bermasalah atau tidak memuaskan, maka masyarakat jangan menyalahkan PKB. “PKB sama sekali tidak merekomendasikan siapapun masuk di kabinet. Dia (Lukman, red) dalam kapasitas pribadi, tidak sebagai wakil PKB,” kata Presiden RI ke-4 ini.
Kemarin Gus Dur mengatakan DPP PKB tidak pernah menggelar rapat apapun guna membahas Lukman Edy sebagai menteri. “PKB tidak ikut-ikut soal reshuffle karena saudara Muhaimin Iskandar dan saudara Lukman Edy dipanggil dan bicara di Cikeas itu atas nama pribadi," kata Gus Dur.
Padahal lumrahnya, keputusan penting apapun selalu didasarkan pada musyawarah bersama Dewan Syura dan Dewan Tanfidz. Kendati demikian, Gus Dur mengakui hak prerogatif presiden untuk memilih menteri-menterinya. “Presiden memiliki kewenangan untuk itu,” ujarnya.


© 2005, GusDur.Net, All Rights Reserved

No comments: